Kamu wajib memahami cara kerja P2P lending ini sendiri sebelum mulai terjun di dalam P2P. P2P Lending merupakan salah satu titik investasi finansial yang begitu banyak diminati saat ini. Ini bersifat wajib dan tidak boleh Kamu sepelekan.

Pasalnya dengan memahami cara kerja dari sistem finansial satu ini, Kamu akan jauh lebih mudah dalam melakukan riset di dalamnya. Seperti kita ketahui, Peer to Peer Lending merupakan salah satu instrumen finansial dan pengembangan dana yang begitu viral beberapa tahun belakangan ini.

Bukan tanpa alasan, potensi keuntungan yang terkandung di dalamnya memang sangat potensial untuk mengisi pundi-pundi keuangan Kamu. Terlebih untuk Kamu para generasi milenial yang melek teknologi. Hanya saja ada banyak hal yang wajib dipahami sebelum Kamu mulai berinvestasi di dalamnya.

Salah satunya adalah cara kerja P2P Lending itu sendiri. Memahami cara kerja dari bisnis satu ini tentunya akan memudahkan Kamu dalam melakukan berbagai eksperimen menguntungkan di dalamnya. Terlebih ada banyak keuntungan lain yang bisa Kamu dapatkan dari memahami hal ini.

Namun, sering kali hal ini disepelekan. Padahal risiko yang muncul akibat dari ketidaktahuan bisa sangat fatal. Karenanya pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Kamu sedikit penjelasan mengenai aspek satu ini. Penasaran bagaimana cara kerja dari instrumen bisnis satu ini? Simak paparan lengkapnya di bawah ini.

Cara Kerja P2P Lending dari Sudut Borrower (Peminjam Dana)

Perlu dipahami lebih dulu, cara kerja bisnis P2P Lending ini sendiri berbeda-beda dan tergantung pada sudut pandangnya. Dalam hal ini, ada tiga jenis sudut pandang yang bisa kita bahas. Yakni sebagai borrower atau pihak peminjam dana, sebagai Lender atau pihak pemberi pinjaman dan sebagai investor yang memiliki modal. Mari kita bahas dari sudut pandang borrower terlebih dahulu.

Berbeda sudut pandangnya tentu akan berbeda juga cara kerjanya. Sebagai seorang borrower atau peminjam dana, Kamu bisa melakukan pengajuan pinjaman secara online dari smartphone atau komputer. Tentu saja Kamu juga harus memilih aplikasi P2P Lending yang terpercaya, seperti salah satunya adalah INVESKITA.

Untuk mengajukan pinjaman pada aplikasi satu ini, Kamu hanya perlu mendownload aplikasinya di Playstore. Kemudian lakukan pengisian data yang diminta. Jangan lupa, upload seluruh dokumen pendukung yang diminta sebagai bentuk validitas pengajuan Kamu. Isikan dengan data asli, jangan coba-coba mengisikan data palsu. Hal ini bisa membuat pengajuan Kamu ditolak.

Jika pengajuan Kamu disetujui, pihak lender akan mentransferkan sejumlah dana pinjaman yang Kamu ajukan. Pastikan untuk melakukan pembayaran secara tepat waktu. Jangan sampai Kamu telat membayar karena hal ini akan berdampak pada kredibilitas nama Kamu pada perusahaan P2P Lending tersebut.

Cara Kerja P2P Lending dari Sudut Lender (Pemberi Pinjaman Dana)

Pihak pemberi dana atau lender merupakan third party atau pihak ke tiga yang mendistribusikan dana dari para investor kepada para peminjam. Dalam hal ini, INVESKITA merupakan pihak lender atau pihak yang meminjamkan uang kepada Kamu. Dana yang didistribusikan berasal dari para investor 100%.

Namun, sebelum melakukan transfer dana kepada Kamu, tentu saja pihak lender akan melakukan validasi data Kamu terlebih dahulu.Metode validasi ini menggunakan skema metadata dengan algoritma yang begitu canggih. Lender mengumpulkan data Kamu dari berbagai sumber sebelum memutuskan acc pinjaman Kamu. Sering kali inilah yang dipahami oleh awam sebagai cara kerja P2P Lending.

Padahal sistemnya tidak sesederhana itu. Pihak lender bertanggung jawab terhadap keberadaan dana yang diinvestasikan oleh para investor. Jika misalkan terjadi gagal bayar dari pihak borrower, tentu saja pihak lender yang akan mendapatkan risikonya. Karenanya dibutuhkan kerja sama yang sehat dari pihak borrower untuk mengantisipasi hal ini.

Cara Kerja P2P Lending dari Sudut Pandang Investor (Penyedia Dana Pinjaman)

Terakhir, adalah cara kerja dari sudut pandang investor. Perlu dipahami, investor inilah yang sebetulnya memiliki modal dari bisnis P2P lending yang sedang kita bahas ini. Jadi bisa dipastikan jika mereka inilah yang paling mengalami kerugian bilamana terjadi gagal bayar dari para borrower atau peminjam dana.

Namun, di samping potensi kerugian tersebut, ada potensi keuntungan yang begitu besar. Dengan persentase bagi hasil yang sangat menjanjikan dari lender, tentu saja investor ini bisa memperhitungkan besaran profit yang mereka dapatkan. Mengenai persentase bagi hasilnya, sudah tentu setiap lender memiliki kebijakannya masing-masing.

Biasanya keuntungan akan dibagi pada periode tertentu sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati oleh investor dan lender. Namun, bagi Kamu yang hendak berinvestasi, pastikan untuk melakukannya di perusahaan P2P Lending yang terpercaya dan terdaftar di platform legalisasi OJK.

Bukan tanpa alasan, dewasa ini ada banyak sekali platform fintech penipu yang berusaha menggondol dana dari para investor. Sudah tentu ini akan sangat merugikan Kamu sebagai investor. Lakukan analisa terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Jangan lupa untuk memahami cara kerja P2P Lending ini secara mendalam agar Kamu bisa berbisnis dengan baik di dalamnya.

Proses Mudah dan Sederhana

Proses pengajuan secara online dan kami bantu dari awal hingga akhir proses pengajuan pinjaman.

Bunga Kompetitif

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif mulai dari 6.48%-17% flat per tahunnya.

Semua Menyesuaikan Kebutuhan

Ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan unik usaha anda. Kami dapat menyesuaikan tenor pinjaman, jenis agunan, dan frekuensi pembayaran cicilan pinjaman.

Langkah Mengajukan Pinjaman

  1. PendaftaranPilih jumlah dan lama pinjaman yang Anda inginkan. Isi formulir pengajuan kirimkan formulir pengajuan
  2. Terima PersetujuanData Anda akan diproses oleh tim analis kami. Silakan tunggu kurang lebih 24 jam untuk mengetahui status pengajuan Anda.
  3. Konfirmasi PinjamanKonfirmasi pinjaman Anda yang telah disetujui dan atur lokasi tanda tangan kontrak Anda dengan kurir kami.
  4. Tanda Tangan KontrakKurir kami akan membawa kontrak asli untuk Anda tandatangani sebagai bukti perjanjian, dalam 1-3 hari kerja (Kami tidak melakukan survei).
  5. Terima DanaDana akan dicairkan ke rekening bank Anda (1-3 hari kerja).