• Apakah Bursa Dana itu? Bursa Dana adalah bursa saham bagi perusahaan UMKM.
  • Kapan Bursa Dana dilaunching? Bursa Dana saat ini sedang proses develop untuk bursa perdana dan bursa sekunder dan ditargetkan launching pada awal tahun 2020.
  • Bagaimana ketentuan permodalan perusahaan yang akan menjual sahamnya di Indonesia Equity Exchange? Perusahaan yang akan menawarkan saham dengan skema ini hanya boleh memiliki jumlah modal disetor maksimal Rp 30 miliar.
  • Berapa total dana yang bisa diperoleh dari Indonesia Equity Exchange? Total dana yang boleh diperoleh dari penawaran saham ini paling banyak sebesar Rp 10 miliar.
  • Berapa jangka waktu penawaran saham di Indonesia Equity Exchange? Penghimpunan dana dapat dilakukan dengan jangka waktu paling lama 12 bulan, sedangkan masa penawaran maksimal hanya 60 hari
  • Bagaimana jika perusahaan sudah berkembang dan membutuhkan dana yang lebih besar dalam mengembangkan perusahaan? Jika perusahaan sudah melakukan listing di Bursa Dana dan membutuhkan dana serta pengembangan yang lebih besar maka perusahaan tersebut akan difasilitasi untuk melakukan listing di Bursa Efek Indonesia.
  • Apakah peran Bursa Dana bagi perusahaan Anda?Peran Bursa Dana adalah menyediakan system penggalangan dana investasi dalam bentuk equity, menyedikan system untuk mendistribusikan bagi hasil usaha UKM, melakukan pengawasan kepada bisnis UKM agar melakukan operasional bisnis dan pembagian hasil usaha sesuai dengan perjanjian.
  • Mengapa banyak pihak yang terlibat dalam proses perusahaan sampai dengan M Tbk? Bursa Dana melibatkan beberapa pihak secara independen dalam rangka menjamin semua keputusan sampai dengan M Tbk ditangani oleh profesional di bidangnya.
  • Apakah Bursa Dana termasuk penilai dalam proses perusahaan sampai dengan M Tbk? Bursa Dana adalah sebuah lembaga independe yang tidak terlibat dalam proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan menuju M Tbk.
  • Apa yang membedakan Bursa Efek Indonesia dan Bursa Equity Indonesia? Perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia adalah perusahaan dengan modal diatas Rp. 30.000.000.000,- (tiga puluh milyar) sedangkan perusahaan yang listing di Bursa Dana adalah perusahaan dengan modal dibawah Rp. 30.000.000.000,-.

MANFAAT LISTING DI INDONESIA EQUITY EXCHANGE

Hampir sama dengan listing di Bursa Efek Indonesia, listing di Bursa Equity Indonesiapun menawarkan berbagai macam keuntungan yang hampir sama.

Membuka Akses Perusahaan terhadap Sarana Pendanaan Jangka Panjang

Alasan ini merupakan pertimbangan yang paling utama bagi perusahaan untuk mini go public dan menjadi perusahaan publik. Pemodalan yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan untuk meningkatkan modal kerja dalam rangka membiayai pertumbuhan perusahaan, untuk membayar utang, untuk melakukan investasi, atau melakukan akuisisi.

Mini Go public juga akan meningkatkan nilai ekuitas perusahaan sehingga perusahaan memiliki struktur pemodalan yang optimal.

Meningkatkan Nilai Perusahaan (Company Value)

Dengan menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, setiap saat publik dapat memperoleh data pergerakan nilai perusahaan. Setiap peningkatan kinerja operasional dan kinerja keuangan umumnya akan mempunyai dampak terhadap harga saham di Bursa, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.

Apabila pemegang saham pendiri membutuhkan dana untuk keperluan usahanya yang lain, divestasi dapat dilakukan melalui Bursa Efek Indonesia dengan nilai yang optimal. Perdagangan saham yang aktif di Bursa Efek Indonesia akan menciptakan harga yang dapat menjadi acuan pemegang saham dalam melakukan transaksi.

Meningkatkan Image Perusahaan

Dengan pencatatan saham perusahaan di Bursa Efek Indonesia, informasi dan berita tentang perusahaan akan sering diliput oleh media, penyedia data dan analis di perusahaan sekuritas. Publikasi secara cuma-cuma tersebut akan meningkatkan image perusahaan serta meningkatkan eksposur pengenalan atas produk-produk yang dihasilkan perusahaan. Hal ini akan menciptakan peluang-peluang baru dan pelanggan baru dalam bisnis perusahaan.

Menumbuhkan Loyalitas Karyawan Perusahaan

Apabila saham perusahaan dapat diperdagangkan di Bursa, karyawan akan senang hati mendapatkan insentif berupa saham. Dengan lebih melibatkan karyawan dalam proses pertumbuhan perusahaan, diharapkan dapat menimbulkan rasa memiliki, yang pada akhirnya dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja karyawan.

Kemampuan untuk Mempertahankan Kelangsungan Usaha

Salah satu permasalahan yang menjadi pemicu kejatuhan bisnis yang dikelola suatu keluarga adalah perpecahan dalam keluarga tersebut. Dengan menjadi perusahaan publik, setiap pihak dalam keluarga dapat memiliki saham perusahaan dalam porsinya masing-masing dan sewaktu-waktu dapat melakukan penjualan atau pembelian melalui Bursa Dana. Pemegang saham pendiri juga dapat mempercayakan pengelolaan perusahaan kepada pihak profesional yang kompeten dan dapat dengan mudah mengawasi perusahaan melalui laporan keuangan atau keterbukaan informasi perusahaan yang diwajibkan oleh otoritas.