Kartu kredit dan kartu debit memang secara fisik nampak sama, tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

  1. Cara Pembayarannya
    Dari segi cara pembayarannya, kartu kredit dan kartu debit sangat berbeda. Kartu debit memiliki keterbatasan pada saldo tabungan yang kita masukkan ke rekening sedangkan kartu kredit bersifat kredit atau hutang yang pembayarannya tidak berhubungan dengan saldo tabungan namun bergantung pada limit yang diberikan oleh bank.
  2. Proses Pengajuan kartu
    Selanjutnya adalah dari segi memperoleh kartu. Kartu debit relatif lebih mudah untuk didapat karena hanya dengan membuka rekening tabungan saja maka sudah bisa memperoleh kartu debit. Lain dengan kartu kredit yang lumayan sulit karena banyak hal yang menjadi persyaratannya. Ini karena banyak juga aspek yang harus dipertimbangkan oleh bank untuk menghindari kerugian dari pihak bank akibat nasabah yang tak kunjung bayar tagihan.
  3. Tingkat Keamanan
    Dibandingkan dengan kartu debit yang saat ini hanya dibekali strip magnetik, kartu kredit memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan chip yang berfungsi untuk mengenkripsi data didalamnya. Bila kartu debit hilang, maka seseorang bisa menguras semua uang di rekening. Bila kartu kredit yang hilang dan dipakai orang lain belanja, kita bisa menyanggah kepada bank dengan memberikan bukti-bukti bahwa bukan kita yang melakukan transaksi kartu kredit tersebut.

Apa itu Kartu Kredit?

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh Bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi, dengan sistim pinjaman/kredit dari bank melalui kartu tersebut.  Tak sedikit bank yang beranggapan bahwa kartu kredit merupakan salah satu bentuk apresiasi dengan banyaknya penawaran istimewa melalui kartu kredit.

Berapa Besar Suku Bunga yang Kartu Kredit di Indonesia?

Saat ini, pemerintah melalui BI sebagai Bank Sentral memberlakukan suku bunga atas kartu kredit 2,25% mulai tahun 2017 lalu. Sebelumnya, suku bunga atas kartu kredit adalah sebesar 2,95%. Oleh karena dinilai masih terlalu tinggi, maka BI menetapkan batas atas bunga sebesar 2,25% per bulannya. Dengan demikian, sekarang pemegang kartu kredit bisa menikmati suku bunga yang lebih ringan dari sebelumnya. Akan tetapi, pilihkartu tetap menyarankan untuk selalu membayar penuh tagihan kartu kredit agar sama sekali terhindar dari bunga 2,25%.

Bagaimana Cara Membayarkan Tagihan Kartu Kredit Saya?

Setiap bulannya Bank secara rutin akan mengirimkan tagihan kartu kredit kepada Anda. Anda dapat membayarkan semua tagihan tersebut dalam sekali waktu (full payment) ataupun membayar dengan minimum payment, atau mencicil tagihan Anda (bila tagihan diubah ke cicilan). Namun, pada dasarnya pembayaran minimum akan berakibat pada dikenakannya bunga 2,25% dikalikan total tagihan anda pada bulan tersebut.

Untuk prosedur pembayaran, masing-masing bank berbeda-beda. Tersedia pilihan pembayaran dalam beberapa cara seperti melalui transfer melalui ATM, datang langsung ke Teller, Internet Banking dan juga Mobile/SMS banking. Mengenai biaya dari pembayaran tagihan kartu kredit bergantung pada fasilitas pembayaran yang Anda gunakan. Jangan khawatir, karena ada beberapa bank membebaskan biaya untuk fasilitas tersebut.

Bagaimana saya dapat mengajukan kartu kredit?

Pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Kemudian, Anda dapat mengajukan permohonan memiliki kartu kredit kepada bank yang diinginkan. Lengkapi data-data yang dijadikan syarat dalam memiliki kartu kredit, kemudian isi formulirnya dan berikan kepada pihak penerbit bank. Usahakan agar dapat melengkapi seluruh data yang diinginkan oleh penerbit bank kartu kredit supaya tidak berbuah penolakan dari bank.

Informasi apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftarkan kartu kredit?

Secara umum Anda akan diminta untuk melengkapi informasi dasar tentang diri Anda seperti nomor KTP, SIM, tanggal lahir, alamat dan pendapatan Anda per tahun. Serta informasi pelengkap lainnya untuk keperluan verifikasi pengajuan.

Berapa lama waktu yang akan dibutuhkan untuk mendapatkan kartu kredit?

Waktu tunggu dapat bervariasi. Beberapa penyedia kartu kredit dapat memberikan persetujuan secara instan, sementara beberapa penyedia lainnya memerlukan waktu bahkan sampai hitungan minggu. Umumnya, semakin baik peringkat kredit Anda, semakin cepat waktu respon aplikasi kartu kredit yang diajukan. Setelah keputusan dibuat Anda akan diberitahu melalui surat, e-mail atau keduanya.

Apakah Saya Membutuhkan Kartu Kredit?dan Kartu kredit Apa yang Sesuai Untuk Saya?

Kebanyakan orang yang merasa harus memiliki kartu kredit karena beranggapan bahwa dengan memiliki kartu kredit maka kebutuhan akan keuangan lebih mudah diatur, terutama dalam masalah pencatatan. Kartu kredit merupakan pisau bermata dua, ia bisa bermanfaat jika bisa kita gunakan dengan baik dan bijaksana tapi bisa menyayat tajam dan melukai tangan kita bila kita tidak jeli dalam menggunakannya hingga terlibat hutang yang sulit kita lunasi.

Maka dari itu, hal paling penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan kartu kredit adalah pastikan dan yakinkan diri sendiri bahwa Anda akan memiliki kedisiplinan untuk menghemat uang dan membayar tagihan kartu kredit. Setelah Anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit, maka sekarang saatnya untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Jika Anda selalu membayar penuh setiap tagihan perbulannya dan ingin memaksimalkan cashback (pengembalian Uang) disetiap transaksi di toko-toko yang ditentukan Anda maka pilihlah kartu kredit Cashback.
  • Jika Anda menginnginkan kartu kredit yang dapat memberikan nilai iuran tahunan yang lebih rendah atau gratis maka pilihlah kartu kredit jenis bebas iuran tahunan atau rendah iuran tahunan.
  • Jika Anda pecinta travelling khususnya ke luar negeri dan dengan nilai tukar valas yang rendah maka Anda dapat memilih kartu kredit dengan jenis travel.
  • Jika Anda sering memesan tiket pesawat dari maskapai penerbangan yang memiliki kerjasama dengan penerbit kartu maka pilihlah kartu kredit dengan jenis Miles karena kartu ini dapat memberikan poin mileage yang dapat ditukarkan dengan fasilitas seperti airport lounge.
  • Jika Anda memiliki usaha kecil atau pun besar maka sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit Bisnis, karena dengan kartu ini Anda dapat mengontrol seluruh keuangan perusahaan.
  • Jika Anda menyukai berbelanja di berbagai toko yang bekerja sama dengan kartu Anda maka sebaiknya Anda memilih kartu kredit dengan jenis Reward. Karena sambil berbelanja Anda dapat mengumpulkan poin reward yang nantinya akan ditukarkan dengan hadiah.
  • Jika Anda menyukai kartu kredit yang dapat mewakili gaya hidup Anda seperti shopping, membeli tiket konser, promo-promo maka Anda harus memilih kartu kredit Lifestyle.

Apakah pendaftaran kartu kredit online itu aman?

 

Saat ini hampir seluruh penerbit kartu kredit telah menggunakan pendaftaran melalui online. Jangan khawatir semua data yang diberikan didalam aplikasi tersebut dilindungi dengan fitur Secure Socket Layer (SSL), sebuah teknologi yang memastikan tingkat keamanan tertinggi di internet yang melibatkan enkripsi data canggih sehingga informasi Anda aman terjaga.

 

Apakah aman belanja online menggunakan kartu kredit?

Sebenarnya belanja online menggunakan kartu kredit lebih aman dibandingkan dengan menggunakan kartu debit. Tahukah Anda, dibandingkan dengan kartu debit, kartu kredit mampu memberikan perlindungan lebih yang terhadap penipuan. Bahkan untuk kartu kredit, bank mampu memberikan pertanggungan hingga Rp.500 Juta. Lain dengan kartu debit, karena anda bisa kehilangan semua uang di rekening dan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mendapatkan kembali. Sebaliknya apabila transaksi tersebut palsu, maka kartu kredit tidak akan mengambil apapun dari saku Anda.

Dapatkah saya mengajukan kartu kredit lebih dari satu?

Ya, Anda dapat mengajukan permohonan untuk lebih dari satu kartu kredit. Banyak orang memiliki beberapa kartu kredit. Namun, hanya pihak penerbit kartu yang dapat memutuskan apakah mereka menyetujui aplikasi Anda atau tidak. Jika Anda memiliki beberapa kartu kredit, di beberapa titik dapat dideteksi bahwa jumlah kredit Anda yang tersedia sudah relatif tinggi terhadap pendapatan Anda, dan sangat memungkinkan untuk kemudian diputuskan untuk tidak menyetujui permohonan Anda.

Bagaimana cara penggunaan kartu kredit yang paling tepat?

Yang perlu diingat pertama kali adalah kartu kredit ialah kartu hutang. Sekali anda menggunakannya, anda berhutang pada bank, yang artinya cepat atau lambat hutang kartu kredit tersebut harus segera dilunasi. Jangan pernah menganggap mempunyai kartu kredit itu layaknya mempunyai uang/pendapatan tambahan, karena bila anda tidak bijak dalam penggunaanya, anda justru akan mendapat ‘musibah’. Dan juga hindari penggunaan kartu kredit layaknya kartu debit, yang bisa dilakukan penarikan uang tunai kapan saja, jika hal ini terjadi anda akan dikenakan bunga dan biaya tarik tunai yang sangat tinggi. Pakailah kartu kredit di saat yang tepat seperti saat keadaan darurat, kartu kredit sangat membantu ketika tidak ada uang tunai tersedia.

Bagaimana Agar Pengajuan Kartu Kredit Saya Diterima?

Mengajukan permohonan memiliki kartu kredit memang tidak begitu mudah. Namun kini Anda tidak perlu repot lagi karena ada beberapa cara mudah yang akan membantu Anda dalam memiliki kartu kredit;

  1. Mengajukan aplikasi di pusat perbelanjaan/Mall
    Jika diperhatikan di pusat-pusat perbelanjaan saat ini banyak stand/booth yang menawarkan pembuatan kartu kredit dengan cepat dan mudah, biasanya hal tersebut dilakukan oleh vendor pemasaran dari bank yang bersangkutan. Cukup dengan memberikan fotocopy KTP dan Debit Card, proses pendaftaran Anda sudah bisa diterima. Lebih cepat lagi kalau Anda telah membuka tabungan di bank tersebut. Lalu, aplikasi ini akan diproses ke bank yang bersangkutan. Sekedar tambahan, aplikasi kartu kredit lebih mudah dilakukan melalui stand/booth karena mereka dibebani dengan target penjualan kartu kredit sehingga cenderung lebih mudah dan tanpa kompromi.
  2. Pilih bank yang sama dengan bank tempat dimana Anda menyimpan uang
    Cara ini dibuktikan sangat ampuh, karena bank akan lebih mudah melakukan pengecekan terhadap kemampuan finansial Anda, hal ini juga memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan kartu kredit Anda.
  3. Lebih mudah jika telah memiliki kartu kredit
    Permohonan pembuatan kartu kredit akan menjadi lebih mudah jika Anda telah memiliki kartu kredit. Dengan catatan bahwa penggunaan kartu kredit tidak bermasalah, sehingga nama Anda tidak ditemukan dalam database daftar hitam oleh bank. Anda cukup memberikan fotokopi kartu kredit yang anda miliki, fotokopi KTP dan mengisi formulir isiannya.

Bagaimana Seandainya Telat Membayar Tagihan Kartu?

Dalam pembayaran tagihan kartu kredit selain memutuskan berapa besar nominal dari tagihan yang ingin Anda bayarkan, Anda juga perlu memperhatikan kapan tagihan tersebut harus dibayarkan. Setiap bank memiliki tanggal yang berbeda-beda dalam menentukan tanggal jatuh tempo. Biasanya tanggal jatuh tempo tersebut jatuh setelah 15 hari setelah tanggal cetak transaksi. Apabila pada kasus ini Anda telat membayar tagihan kartu kredit, maka Anda akan dikenakan biaya keterlambatan yang besarnya 3% (bergantung dari masing-masing bank) dari total tagihan Anda ditambah dengan bunga pinjaman kartu kredit. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar dapat memastikan kapan tagihan tersebut harus dibayarkan dan kapan akan diterima oleh bank (bergantung pada fasilitas pembayaran yang anda gunakan) untuk menghindari keterlambatan pembayaran demi menghindari denda.

Apa yang harus di lakukan saat kehilangan kartu kredit?

Waspada adalah hal yang wajib Anda miliki saat menggunakan kartu kredit. Saat Anda kehilangan kartu kredit hal-hal yang harus dilakukan sebagai berikut;

  1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah segera laporkan kepada bank penerbit kartu kredit. Hal ini untuk memastikan bahwa kartu tersebut sedang tidak berada ditangan Anda dan bank harus memblokir kartu Anda sebelum digunakan untuk bertransaksi.
  2. Cek transaksi tagihan kartu kredit Anda pada akhir bulan untuk memastikan bahwa pada saat kehilangan kartu kredit tidak terdapat transaksi apapun.
  3. Segera setelah melaporkan kehilangan kartu kredit, Anda dapat meminta kartu kredit yang baru sebagai ganti dari kartu kredit yang hilang. Namun, Anda juga harus memperhatikan benar-benar bahwa kartu kredit yang lama telah benar-benar ditutup.

Bagaimana solusi yang paling tepat jika kita sudah benar-benar tidak mampu melunasi tagihan kartu kredit?

Memang kita harus bertanggung jawab dengan segala sesuatu yang telah kita lakukan. Mau bagaimana pun juga, hutang yang muncul itu adalah hasil dari tindakan yang dilakukan secara sadar, dan tentu satu-satunya cara untuk menyelesaikannya adalah dengan membayarnya/melunasinya. Tetapi bila anda memang benar-benar sudah tidak sanggup untuk membayarnya, saran dari kami adalah ajukan keringanan pembayaran secara resmi dan tertulis kepada pihak bank. Anda juga harus sudah siap dengan segala konsekuensinya, misalnya ada pengubahan skema hutang dan penjadwalan hutang, tetapi itu semua keputusan dari pihak bank, dan mungkin setiap bank mempunyai keputusan yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *