Kredit mobil bekas tersedia di dua pihak ini, leasing atau dealer. Berikut ini kekurangan dan keuntungan masing-masing. Pilih saja yang paling sesuai kebutuhanmu.

Mobil bekas masih memiliki pasar dan konsumen tersendiri. Mobil bekas menjadi solusi bagi mereka yang ingin kendraan pribadi dengan harga miring. Yang terpenting tidak kepanasan atau kehujanan di jalan, begitu kata penggemar mobil bekas.

Seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap mobil bekas, jumlah perusahaan yang membiayai pembelian mobil secara kredit pun menjamur, sehingga memiliki mobil dengan sistem kredit bukanlah sesuatu yang sulit bagi masyarakat.

Namun, ketika kamu berniat untuk membeli sebuah mobil bekas dari orang yang baru dikenal ataupun melalui dealer, kamu perlu lebih jeli dan cermat dalam melihat kondisi mobilnya. Biar tidak bingung mau ambil kredit mobil bekas di leasing atau dealer, yuk baca pertimbangan berikut ini!

Keunggulan dan kekurangan dealer dan leasing

Sebelum memutuskan akan membeli kredit mobil bekas di leasing atau dealer, ada baiknya kamu ketahui dulu keunggulan dan kekurangan masing-masing. Cara ini agar kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu dalam membeli mobil bekas.

Kelebihan leasing

1. Kelebihan kredit mobil bekas di leasing, syarat uang muka lebih fleksibel dan cenderung ringan. Kamu sebagai calon pembeli bisa menentukan jumlah uang muka yang akan dibayarkan. Namun sebagai pertimbangan, kamu harus selalu mengingat bahwa semakin kecil uang muka yang kamu bayarkan, maka semakin besar sisa utang kredit yang harus kamu cicil setiap bulan. Ini masih akan ditambah dengan sejumlah bunga atas utang yang menjadi pokok angsuran.

2. Kamu bisa menyesuaikan sendiri masa cicilan atau tenor sesuai dengan kemampuanmu. Namun sebagaimana kita tahu, bahwa semakin lama masa cicilan yang kita ambil, maka akan semakin besar juga jumlah bunga yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Ini juga akan berbanding lurus dengan besarnya nilai utang yang harus kamu lunasi.

3. Jumlah angsuran bisa disesuaikan dengan kemampuan bayar kamu setiap bulannya. Perlu dicatat, kamu tidak disarankan untuk mengambil jumlah cicilan yang kecil karena semakin kecil jumlah cicilan tiap bulannya, maka akan semakin lama masa pelunasan, semakin besar pula utang bunga yang harus dibayarkan.

Kekurangan leasing

1. Terdapat “selisih harga” yang besar, di mana bila kita menghitung semua pembayaran yang kita lakukan melalui leasing selama masa cicilan, maka nilai total dari keseluruhan bisa mencapai 2 kali lipat dari harga lunas mobil bekas yang kita beli tersebut. Ini terjadi akibat beban bunga atas pinjaman pokok. Ini terjadi akibat kecilnya nilai uang muka yang kamu bayarkan.

2. Suku bunga lumayan tinggi.

Kelebihan dealer

1. Selisih harga kredit dan harga kontan atau tunai mobil bekas yang mereka tawarkan tidak terlalu jauh. Ini akan sangat berbanding terbalik dengan penawaran yang diberikan oleh leasing.

2. Kamu bisa meminta diskon harga kepada dealer atas harga mobil. Selain itu kamu bisa langsung meminta tambahan perlengkapan mobil seperti sarung jok dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *